Apa itu Arduino Dan Kegunaannya

0
10422

Apa itu Arduino (Perkenalan)

Arduino merupakan suatu alat untuk membuat komputer sendiri jadi kita dapat merasakan serta lebih mengontrol “dunia fisik” daripada komputer desktop. Arduino merupakan suatu platform komputasi fisik yang open-source berbasis papan/board mikrokontroler sederhana, serta pengembangan bisa menulis perangkat lunak untuk board ini.

apa itu arduino

Menurut Wikipedia

Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.

Arduino merupakan suatu  platform open source (sumber terbuka) yang dipakai untuk membuat sebuah proyek-proyek elektronika. Arduino terdiri dari dua tahap mutlak yaitu suatu  papan sirkuit fisik (tidak jarang disebut juga dengan mikrokontroler) serta suatu  perangkat lunak alias IDE (Integrated Development Environment) yang berlangsung pada komputer. Perangkat lunak ini tak jarang disebut Arduino IDE yang dipakai untuk menulis serta meng-upload kode dari komputer ke papan fisik (hardware) Arduino. Ketika menuturkan Arduino maka ada dua faktor yang terlintas dalam pikiran para pemakainya, yaitu hardware serta aplikasi. Dua tahap ini seakan satu kesatuan utuh yang tak dapat di pisahkan. (Sumber)

Arduino dapat digunakan untuk mengembangkan objek interaktif, mengambil masukan dari berbagai switch atau sensor, dan mengendalikan berbagai lampu, motor, dan output fisik lainnya. Proyek Arduino dapat berdiri sendiri, atau berkomunikasi dengan perangkat lunak (software) yang berjalan pada komputer Anda (misalnya Flash, Pengolahan, MaxMSP.) Board dapat dirakit dengan tangan atau dibeli; open-source IDE dapat didownload secara gratis.

Apa Sebenarnya Kegunaan Arduino?

Hardware serta aplikasi Arduino dirancang bagi para seniman, tampilaner, pe-kegemaran, peretas, pemula serta siapapun yang berminat untuk menciptakan objek interaktif serta pengembangan lingkungan. Arduino sanggup berinteraksi dengan tombol, LED, motor, speaker, GPS, kamera, internet, handphone pintar bahkan dengan televisi anda. Fleksibilitas ini dihasilkan dari kombinasi keterdapatan aplikasi Arduino yang gratis, papan perangkat keras yang terjangkau, serta keduanya yang mudah untuk dipelajari. Faktor inilah yang menciptakan jumlah pemakai menjadi suatu  komunitas besar dengan beberapa kontribusinya yang sudah dihadirkan pada beberapa proyek dengan berbasiskan Arduino.

Papan Mikrokontroler Arduino

Sebenarnya Ada banyak jenis papan Arduino yang dapat kita digunakan namun dengan tujuan yang berbeda. Beberapa papan arduino memiliki ukuran, jumlah pin, dan mikrokontroler yang berbeda seperti apa gambar dibawah ini merupakan papan arduino yang sering digunakan untuk awal belajar Arduino.

 

 

 

papan arduino
Mikrocontroler Arduino
  • Arduino Uno adalah board mikrokontroler berbasis ATmega328
  • Uno memiliki 14 pin digital input / output (6 diantaranya dapat digunakan sebagai output PWM), 6 input analog, resonator keramik 16 MHz, koneksi USB, jack listrik, header ICSP, dan tombol reset.
  • Arduino Uno menggunakan FTDI chip driver USB-to-serial.
  • Fitur Atmega16U2 diprogram sebagai konverter USB-to-serial.
  • Memiliki resistor pulling 8U2 HWB yang terhubung ke tanah, sehingga lebih mudah untuk menggunakan mode DFU.

Spesifikasi Arduino Uno

Spesifikasi Arduino

Sumber Daya Listrik Arduino

  • Arduino Uno dapat diaktifkan melalui koneksi USB atau dengan catu daya eksternal.
  • Untuk sumber daya Eksternal (non-USB) dapat berasal baik dari adaptor AC-DC atau baterai. Adaptor ini dapat dihubungkan dengan memasukkan 2.1mm jack DC ke colokan listrik board.
  • Baterai dapat dimasukkan pada pin header Gnd dan Vin dari konektor DAYA.
  • Board dapat beroperasi pada pasokan eksternal dari 6 sampai 20 volt. Jika tegangan kurang dari 6 volt mungkin tidak akan stabil. Jika menggunakan lebih dari 12V, regulator tegangan bisa panas dan merusak papan. Rentang yang dianjurkan adalah 7 sampai 12 volt.

Pin Listrik Arduino uno r3

Pin Listrik Arduino uno r3

  • VIN. Input tegangan ke board Arduino ketika menggunakan sumber daya eksternal. Jika ingin memasok tegangan melalui colokan listrik, gunakan pin ini.
  • 5V. Pin ini merupakan output 5V yang telah diatur oleh regulator papan Arduino.
  • Tegangan pada pin 3V3. 3.3Volt dihasilkan oleh regulator on-board. Menyediakan arus maksimum 50 mA.
  • GND. Pin Ground.
  • IOREF. Pin ini di papan Arduino memberikan tegangan referensi ketika mikrokontroler beroperasi. Sebuah shield yang dikonfigurasi dengan benar dapat membaca pin tegangan IOREF sehingga dapat memilih sumber daya yang tepat agar dapat bekerja dengan 5V atau 3.3V.

 

Mengapa Harus Arduino (Beberapa Kelebihan)

Ada banyak sistem berbasis mikrokontroler lain atau platform mikrokontroler yang tersedia untuk “komputasi fisik”. Parallax Basic Stamp, Netmedia yang BX-24, Phidgets, MIT Handyboard, dan banyak lagi yang lainnya menawarkan fungsionalitas yang sama. Semua alat ini mengambil rincian pemrograman mikrokontroler berantakan dan membungkusnya dalam paket yang mudah digunakan.

Namun Arduino juga menyederhanakan proses pekerjaan berbasis mikrokontroler, serta menawarkan beberapa keuntungan lebih bagi guru, siswa, dan amatir yang tertarik pada sistem lain:

  1. Murah

Arduino relatif murah dibandingkan dengan platform mikrokontroler lain. Versi paling mahal dari modul Arduino dapat dirakit dengan tangan, dan bahkan biaya perakitan modul Arduino kurang dari $50.

  1. Cross-platform

Perangkat lunak Arduino berjalan pada Windows, Macintosh OSX, dan sistem operasi Linux. Kebanyakan sistem mikrokontroler terbatas pada Windows.

  1. Sederhana

Lingkungan pemrograman Arduino mudah digunakan untuk pemula, namun cukup bagi pengguna tingkat lanjut untuk mengambil keuntungan dari fleksibilitasnya. Bagi para guru, Arduino sangat nyaman, didasarkan pada lingkungan pemrograman Processing, sehingga siswa belajar program akan terbiasa dengan tampilan dan nuansa dari Arduino.

  1. Open sourcedan perangkat lunak yang dapat dikembangkan

Arduino diproduksi sebagai alat open source, tersedia untuk perluasan bagi programmer berpengalaman. Bahasa dapat diperluas melalui perpustakaan C++, dan orang-orang yang ingin memahami rincian teknis dapat membuat program lompatan dari Arduino ke bahasa pemrograman berbasis C AVR. Demikian pula, Anda dapat menambahkan kode C AVR langsung ke dalam program Arduino.

  1. Open sourcedan hardware dapat dikembangkan

Arduino didasarkan pada Atmel mikrokontroler ATMEGA8 dan ATmega168. Perencanaan/ Rancangan modul diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons, sehingga desainer sirkuit yang berpengalaman dapat membuat versi mereka sendiri, memperluas dan meningkatkan sistem Arduino. Bahkan pengguna yang relatif tidak berpengalaman dapat membangun versibreadboard untuk memahami cara kerjanya dan menghemat uang.

List/ Daftar Produk Arduino (Lebih Detail)

arduino

Seperti yang kita ketahui bahwa arduino sering dipakai oleh kebanyakan penghobi Mikrokontorer. Harga Arduino yang Asli sekitar 300an, kalo yang clone mungkin agak murah tapi fungsi tetap sama pada arduino yang asli, diartikel selanjutnya saya akan menjelaskan perbedaan arduino asli dan clone agar anda membedakan dan memilih arduino mana yang harus digunakan, untuk anda yang ini mencoba semua produk Arduino, anda dapat mengunjungi situs resmi arduino untuk mendapatkan referensi (http://arduino.cc/).

 

SHARE

LEAVE A REPLY